Jumat, 26 Desember 2008

Maryamah Karpov--Akhirnya..!

Semalam, akhirnya saya bisa juga tamat membaca seri terakhir kisah Ikal "Laskar Pelangi"--Maryamah Karpov.
Sudah lama sekali rasanya saya menantikan hadirnya buku ini. Kepala saya sudah penuh dengan ribuan pertanyaan, ribuan harapan dan begitu besar rasa penasaran. Hmm.. saya sudah sangat merasa akrab dengan tokoh-tokoh yang ada dalam kisah itu. Bahkan kemarin tatkala saya menonton filmnya, saya menangis, seolah saya ini adalah seorang ibu yang terharu melihat anak-anaknya. Aneh kan?
Tapi rupanya kerinduan saya itu terobati dengan sedikit kekecewaan. Maryamah Karpov sangat jauh dari harapan saya. Rupanya saya terlalu berharap. Saya sangat kecewa.
Saya tidak merasa menemukan lagi kekuatan ruh cerita seperti yang ada pada buku seri pertama--atau sedikit pada dua seri sesudahnya. Maryamah Karpov terasa sangat asing dan tidak riil. Saya takut--saya juga menduga, mungkin hal ini erat berhubungan dengan niat si penulisnya.
Ya. Niat. Karena mungkin, dalam seri terakhir ini Bang Andrea sedang berada dalam posisi puncak yang penuh tuntutan deadline sehingga karyanya menjadi lain. Bukan pada gaya bercerita karena kategori tersebut masih membuat saya berdecak kagum dan terpinkal atas humornya yang mengena. Tapi sekali lagi pada ruh.
Saya sangat mencintai tokoh-tokoh dalam Laskar Pelangi. Saya sangat mencintai kisah mereka yang menakjubkan itu. Semoga kekecewaan ini adalah ekspresi kecintaan saya. Ya, semoga.

1 komentar:

@"_"@ mengatakan...

maryamah karpov ya?
bagus kagak se?
aq juga pgn baca . . .ceritain dung!
hheeehee slm knal juga